Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 22 November 2012

Kekurang dalam bermain "1"

Kekurangan dari orang yang main dilapangan adalah karena terlalu banyaknya pemain dan sedikitnya lao Tse yang mengajarkan secara detail yang berakibat bermain Taichi dengan konsep saya hafal jurus taichi anu trus anu dll...bla..bla..bla. dang segudang Jurus yang benar dihafalnya ...dan kesalahan yg fatalnya oleh beberapa praktisi Taichi di kebanyakan lapangan kurang memperhatikan teknik dasar..mereka hanya lebih fokus terhadap hafalan saja.
pengaturan tenaga seperti perpindahan tenaga secara halus dan mengalir benar-benar diperlukan agar permain kita bagus dari segi estetika dan benar menurut kaidah yang diajarkan oleh para lao tse Taichi, ini merupakan PR bagi para pengajar agar selalu memperhatikan anak didiknya agar benar melakukan Taichinya dan mereka sehat dari segi fisik. karena bermain Taichi secara semraut bisa berakibat tidak baik bagi keselaranan. tubuh kita kedepannya. ^_^ semoga  hal ini bisa kita lakukan secara bersama-sama agar para praktisi taichi makin berkembang di Indonesia "jiayo"
Selengkapnya...

Jumat, 16 November 2012

18 Gaya senam Pernafasan.



Senam pernafasan 18 gaya merupakan latihan inti, mengutamakan kegiatan pernafasan disamping gerakan-gerakan kepala, tangan, badan dan kaki, yang disarikan dari “The 18 Styles Of Tai Chi Breath Exercise”, terdiri dari:
Gaya-1: Bangkit mengatur nafas;
Gaya-2: Melapangkan dada;
Gaya-3: Mengayun pelangi;
Gaya-4: Membelah awan;
Gaya-5: Memutar lengan;
Gaya-6: Mendayung perahu;
Gaya-7: Mengangkat bola;
Gaya-8: Memandang bulan;
Gaya-9: Mendorong telapak tangan;
Gaya-10: Membelai mega;
Gaya-11: Meraup laut;
Gaya-12: Mendorong ombak;
Gaya-13: Membentang sayap;
Gaya-14: Menjulurkan tinju;
Gaya-15: Terbang melayang;
Gaya-16: Memutar roda;
Gaya-17: Menepuk bola;
Gaya-18: Meredakan nafas. Selengkapnya...

Rabu, 31 Oktober 2012

Sejarah Yang Tai Chi (menurut salah satu versi)

1. Bagaimana Asal Mula Tai Chi?

Ada 2 (dua) teori tentang sejarah Tai Chi

a. Teori Pertama

Sekitar antara zaman Dinasti Yuan dan Ming -Chang San Feng- sekitar 600-700 tahun yang lalu, beliau hidup di Kuil Shaolin dan kemudian pindah ke Gunung Wudang dan menciptakan Tai Chi. Dia melihat pertarungan antara Burung bangau dan Ular. Bangau selalu keras, sementara itu Ular terli

hat lentur, dan mengikuti kemana gerakan bangau dan ular terlihat fleksibel sehingga ia tidak terbunuh oleh Burung Bangau. Keras dikendalikan oleh kelembutan.

b. Teori Kedua

Diciptakan oleh keluarga Chen sekitar 300 tahun yang lalu.



2. Apakah bentuk 13 itu (nama asli Tai Chi Chuan)?

   13 bentuk itu terdiri dari 8 energi dan 5 langkah:

   8 energi itu adalah : mengalihkan, mengulung ke dalam, menekan, mendorong, menarik,  membelah, pukulan siku, pukulan bahu.

  5 langkah adalah : maju, melihat ke kiri, memandang ke kanan, mundur, keseimbangan tengah.

3. Berapa banyak bentuk Tai Chi yang ada, dan apa perbedaannya?

Ada 5 bentuk yang berbeda dalam Tai Chi, hanya saja antara satu dengan lainnya saling berhubungan. Chen, Yang, Wu, Wu dan Sun. Kelima bentuk tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya; jika dilihat dari gerakkan luar terdapat sedikit perbedaan, hanya saja jika dilihat dari dalam memiliki semangat yang sama.

Chen Style – gerak-gerakkanya kombinasi antara lambat dan cepat, dengan adanya bentuk lompatan dan hentakan.

Yang Style – Yang Luchan mempelajari bentuk lama dari keluarga Chen. Gerakan-gerakan Tai Chi Yang lambat, rata, lemah lembut, besar, dan lebar. Yang Luchan mempelajarinya dari anggota keluarga Chen generasi ke-14.

Wu/Hao Style – bentuk pertama Wu berasal dari Gaya Yang dan Chen, dengan gerakkan lambat, perlahan, dan postur tubuh yang tinggi. Wu Yuxiang mempelajari dari Yang Banhou, generasi kedua dari anggota keluarga Yang, dan kemudian mempelajari lagi dari Chen Qingping, generasi ke 14 keluarga Chen. Bentu Wu/Hao adalah bentu kecil.

Wu Style – Gaya Wu berasal dari Wu Quanyu, yang mempelajari dari Yang Banhou. Mereka mepelajari gerakkan badan ke samping tapi kemudian bergerak lurus. Selama masa hidupnya Yang Banhou terkenal dengan bentuk kecil.

Sun style – Sun Lu tang mempelajari dari Hao Weijia. Gerakkan-gerakkanya mengkombinasikan Wu Tai Chi, Xing I dan Baguazhang menjadi satu.

4. Siapa yang menciptakan ke lima Gaya Tai Chi tersebut?

Chen diciptakan oleh Chen Wangting

Yang diciptakan oleh Yang Luchan

Wu/Hao diciptakan oleh Wu Yuxiang

Wu diciptakan oleh Wu Jiang Quan atau Wu Quanyu

Sun diciptakan oleh Sun Lu Tang.



5. Apa nama tempat kelahiran kelima bentuk Tai Chi tersebut?

Tempat kelahiran asli bentuk Yang adalah Guangfuzhen di daerah Guangpingfu (lebih besar dari kabupaten, tapi lebih kecil dari provinsi)

Tempat kelahiran asli Gaya Chen adalah desa Chenjiagou, kabupaten Wen Provinsi Henan.

Tempat kelahiran asli gaya Wu/Hao adalah kota Guang Fu, Kabupaten Yongnian, Provinsi Heibei.

Sedangkan tempat kelahiran Wu dan Sun tidak diketahui dimana.

6. Bagaimana sejaraj singkat Yang Tai Chi?

Yang Tai Chi lahir sekitar 200 tahun yang lalu, ketika Yang Luchan pergi ke Beijing untuk mengajarkan ke keluarga Kaisar. Orang yang melihatnya, berkeinginan untuk mempelajari darinya. Gerakkan-gerakkanya lembut, lambat dan rata. Yang Tai Chi berevolusi menjadi beberapa bentuk. Bentuk gaya aslinya disebut Bentuk lama. Kemudian menjadi bentuk kecil, menengah, sedang dan besar. Saat ini yang banyak dilatih adalah bentuk Besar, yang disebut bentuk tradisional, 88, 103 dan 108. Walaupun jumlah gerakkan-gerakkannya berbeda, hanya bentuk-bentuknya sama.


7. Bagaimana proses terjadinya perubahan dari gaya lama, kecil, sedang dan besar?

Yang Luchan terkenal dengan bentuk lama.

Yang Banhou dan Yang Shanhou terkenal dengan bentu kecil.

Yang Jianhou terkenal dengan bentuk sedang

Yang Cheng Fu terkenal dengan bentuk besar


8. Tai Chi gaya apa yang terkenal pada saat ini?

Tai Chi yang terkenal pada saat ini adalah Tai Chi aliran Yang. Besarnya Tai Chi aliran Yang disebabkan oleh keluarga Yang mau mengajarkan kepada masyarakat umum tidak disimpan hanya untuk pribadi.
Selengkapnya...

Jumat, 12 Oktober 2012

Pertunjukan biasa dengan hasil Luar biasa

Taiji 42 pedang

The first Taichi and chi qong turnament in indonesia yang diadakan di Istora senayan awal bulan kemarin
dinilai mungkin kurangnya persiapan tapi lumayan kita bisa menghasilkan hasil yang maksimal dengan kata..sing ada lawan hahahhahaha..yang anehnya pertandingan internasional tapi lawannya kebanyakan lokal..hmmm patut dipertanyakan...mungkin karena awal mula kali ya..tapi semuanya bisa dibilang lumayan..hehehe
Selengkapnya...

Minggu, 28 Agustus 2011

Manfaat Taichi untuk anak-anak

Banyak orangtua mencoba mencari sebuah wadah positif konstruktif, afirmatif, dan inferensial untuk anak-anak mereka. Tai chi untuk anak-anak adalah cara terbaik untuk membuka atau menyalurkan perasaan dan emosi anak anda. Menyediakan kegiatan tradisional seperti seperti olahraga seni bela diri tidak memberikan anak pilihan.

Seni adalah konformasi
praktik kuno yang mempromosikan gerakan cairan dan musik dari mewujudkan dan otak. tubuh dan pikiran gerakan variabel dan harmoni dari latihan. Itu tidak mempromosikan kompetisi dan tidak memungkinkan anak Anda untuk bekerja pada kecepatan mereka sendiri. Ini adalah dari, termasuk gerakan lambat dan postur, dan lembut Tiyuyundong indah. Setiap gerakan atau postur dalam aksi variabel dan konstan untuk menjaga tubuh Anda. 

Penelitian menunjukkan itu membantu dengan anak-anak fokus dan meningkatkan tingkat konsentrasi mereka. Ini sebenarnya terdiri dari 100 gerakan atau postur. belajar gerakan-gerakan ini membutuhkan tingkat konsentrasi dan juga mengajarkan anak-anak untuk memusatkan perhatian mereka dalam bentuk meditasi. Hal ini dalam situasi yang tegang juga bisa mengajari mereka bagaimana untuk mengurangi kecemasan mereka dan tetap tenang. Anak-anak tidak bisa mengatasi begitu banyak perannya yang hadapi setiap hari, dan pastinya akan menemukan tingkat stres yang tinggi. Seni mengurangi stres, karena memungkinkan Anda untuk membawa pikiran Anda dengan berfokus pada berbagai gerakan dan pernapasan. 

Peningkatan ADHD pada anak-anak didiagnosis atau praktek juga dapat mengambil manfaat dari hal diatas. Mengalami peningkatan masalah perilaku anak atau ADHD, dan sering merasa sulit untuk fokus, berkonsentrasi dan tetap tenang. Tai Chi dan ADHD anak dapat memberikan peningkatan positif . Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa hal itu juga membantu dengan ADD / ADHD anak untuk mengurangi kecemasan, hiperaktif, dan emosi yang tidak tepat. Tai Chi untuk anak-anak bisa menyingkirkan energi yang berlebihan dan agresi dengan cara yang sehat dan positif. hal Ini dapat memberikan perawatan untuk menenangkan iritasi. Hal ini juga dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan kepercayaan dan harga diri mereka.

Tai Chi anak juga membantu mereka menjadi lebih kooperatif koordinasi yang baik pada kedua sisi tubuh mereka. tai chi untuk membantu mengoptimalkan setiap gerakan atau postur seluruh tubuh Anda. Tai Chi latihan seluruh tubuh dalam setiap koneksi. Hal ini juga membantu belajar untuk menyeimbangkan dan membangun kekuatan otot. Studi juga mengatakan bahwa hal ini membantu untuk tekanan darah rendah diabetes, kontrol dan bahkan membantu anak-anak menderita asma. Karena membantu untuk bersantai persyaratan dari banyak gerakan tai chi. Ini bukan latihan yang sulit dalam bentuk, dan kebanyakan orang bisa berpartisipasi.
Selengkapnya...

Sabtu, 29 Januari 2011

MENGALAHKAN TENAGA BESAR


Melakukan gerak dalam tui shou harus memperhatikan lima pokok cara menangkis yang berhubungan satu sama lain. Hanya oleh ilmu pengetahuan dipisahkan untuk membedakan cara yang satu dengan cara yang lain.

1. Meminjam tenaga lawan atau menambah tenaga sendiri pada tenaga serangan lawan yang sejurus.
Maksudnya diusahakan agar jurusan tangkisan sama dengan arah serangan lawan. Bila bertentangan berarti mengeluarkan tenaga besar. Menurut mekanika, tenaga ditambah tenaga yang sejurus memberi hasil yang maksimum. Jadi, tenaga tangkisan yang kita keluarkan ditambah tenaga serangan lawan akan menghasikan akibat yang besar.
2. Mengubah jurusan serangan lawan
Maksudnya setiap serangan lawan yang diarahkan ke badan kita, hendaknya diubah jurusannya misalnya dengan mendorong lengan lawan sehingga pukulannya berubah arah ke luar badan kita.
3. Menangkis pada saat yang benar
Maksudnya semakin terlambat melakukan tangkisan, makin besar tenaga yang diperlukan, maka cara menangkis yang benar adalah pada saat yang belum terlambat. Sebelum lawan mengeluarkan tenaga telah kita tangkis, sehingga tangkisan kita menjadi ringan.
4. Sistem menempel
Maksudnya jika salah satu bagian tubuh kita menempel pada tubuh lawan, maka kita dapat merasakan gerakan yang akan dila-kukan lawan. Dengan demikian kita dapat lebih cepat menyesuaikan diri dan mengikuti jurusan serangan lawan.
5. Mengubah posisi sendiri
Maksudnya jika pihak lawan terlampau kuat, maka ketentuan kedua yakni mengubah jurusan serangan lawan tidak mungkin kita lakukan, maka jalan yang dapat kita tempuh ialah mengubah posisi sendiri sehingga jurusan serangan lawan tidak lagi mengarah ke badan kita. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah kuda-kuda yang satu ke kuda-kuda lain atau lebih banyak terjadi memindahkan letak kaki yang berada di depan ke belakang.
Selengkapnya...