Cari Blog Ini

Jumat, 03 Desember 2010

Taiji dan Manfaatnya


 Taiji adalah salah satu bagian dari Seni Bela Diri tradisional, yang disebut Wu Shu. Telah dilaksanakan sejak abad ke-16 di antara orang Cina
orang-orang untuk menjaga tubuh dalam kondisi baik dan mencegah atau menyembuhkan
penyakit. Latihan telah disederhanakan pada tahun 1956 yang membuat olahraga ini semakin populer.
Dalam perkembangannya, aspek bela diri Taichi diolah lebih lanjut sehingga dapat dipertandingkan dalam suatu kejuaraan. "Saat ini Taichi sudah menjadi salah satu nomor dalam kejuaraan wushu, "
Taiji sering dipraktekkan sebagai bagian penting dari proses penyembuhan
di rumah sakit dan telah terbukti sukses luar biasa dalam penyembuhan
tekanan darah tinggi, neuratenia dan paru-paru tuberkulosis. Yang execises membutuhkan konsentrasi penuh saat pikiran tidak
dibelokkan oleh apapun
  1. Semua gerakan dilakukan secara perlahan dan mengambang dalam cara yang terus-menerus
  2. Bernapas Alam diperlukan. Beberapa bagian dari latihan dilakukan saat bernapas ke dalam perut. Nafas selaras berirama untuk gerakan tubuh.
Dari sudut pandang kedokteran olahraga Taiji adalah cara yang penting pencegahan dan pengobatan penyakit. Seperti tubuh dan pikiran adalah diminta pada saat yang sama, latihan ini merangsang korteks dengan mengaktifkan beberapa bagian otak dan penghambat lain bagian. Hal ini memungkinkan otak untuk bersantai dan berhenti ketegangan pada korteks yang provoqued oleh pengaruh-pengaruh buruk yang berbeda. Oleh karena itu olahraga ini adalah bagian dari proses penyembuhan penyakit yang berbeda saraf dan jiwa. Namun Taiji bukanlah obat mujarab misterius terhadap penyakit. Tetapi bahkan untuk pemula itu lebih dari jelas bahwa Taiji memerlukan seluruh tubuh - aktif dan pasif.
Saat melakukan latihan otot-otot yang bekerja pada cara yang menyenangkan, dan pergi dari ketegangan untuk relaksasi terutama otot-otot di kaki diperlukan dengan melenturkan dan peregangan. Taiji adalah cara terbaik untuk memperkuat tulang dan sebagai akibatnya untuk mencegah dari atrofi. Fleksibilitas dari seluruh tubuh dilatih oleh gerakan halus. Ini adalah alasan mengapa kelenturan sendi-sendi dan fleksibilitas dari otot-otot yang mengangkat dan/atau diperbaiki.
Ada berbagai manfaat yang diperoleh jika mengikuti kegiatan ini, yaitu :
Pertama, orang yang berlatih Taichi dengan pernapasannya secara teratur dan cukup takarannya (porsinya), peredaran darahnya akan lebih baik, menambah volume darah, dan akan memperbaiki peredaran darah. "Dengan demikian, pembuluh darah kecil (kapiler) akan bertambah, pembuluh-pembuluh darah akan masuk ke otot-otot, juga ke jantung dan sel-sel dalam tubuh mendapat lebih banyak oksigen dan zat makanan."
Kedua, latihan Taichi akan membantu menggerakkan otot yang besar secara teratur melalui kaki. Secara langsung maupun tidak, otot membantu memompa darah ke jantung lebih banyak pada setiap denyut jantung.
Ketiga, dengan latihan Taichi, kemampuan sel-sel otot untuk membakar lemak pun menjadi lebih besar. "Maka, timbunan glikogen dalam otot dan hati dapat dipergunakan lebih lama dalam suatu aktivitas fisik.
Keempat, berlatih Taichi yang teratur, membuat tulang-tulang, termasuk tulang rawan dan sendi-sendi akan terlatih dan mendapat perbaikan-perbaikan sehingga menjadi lebih kuat, lebih lentur, dan tidak mudah mengalami cedera atau sakit. Orang yang tidak pernah berolah raga sama sekali dapat mengalami kekauan pada tulang-tulang dan persendian, meskipun usianya masih muda.
Kelima, orang yang berlatih Taichi disertai pernapasannya niscaya memiliki daya reaksi lebih baik ketimbang mereka yang tidak suka berlatih.
Keenam, mereka yang rajin berlatih Taichi juga dimungkinkan untuk memiliki berat badan stabil, tidak akan naik atau turun secara berlebihan. Bahkan, yang kurus bisa menjadi lebih gemuk atau sebaliknya yang gemuk bisa menurunkan berat badannya.
Manfaat yang dirasakan, jika melakukan latihan Taichi disertai pernapasannya, di antaranya bisa mengubah jalan hidup seseorang, asal latihan dan sistematikanya baik dan benar, dipimpin seorang pelatih yang ahli, serta latihannya memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Orang akan merasakan lebih bersemangat atau segar setelah berlatih, juga tidak merasa lelah. Daya konsentrasi akan lebih baik, juga daya ingat lebih bagus dan daya tangkapnya lebih cepat. Tubuh pun memiliki daya tahan dari segala rangsangan, baik dari luar maupun dalam. Pengendalian emosi juga akan lebih baik, "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar